Perbedaan Penggunaan In, On, At

Penggunaan “In, On dan At” Dalam Kalimat Bahasa Inggris

In On At

Hi gengs, how are you ? Kalian pasti sering sekali mendengar kata In On dan At dalam kalimat bahasa Inggris. Kata-kata tersebut memang seringkali digunakan dan juga seringkali membuat para pemula kebingungan dengan cara penggunaannya padahal jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya sama saja yaitu “di”. In On dan At digunakan saat akan menyatakan tempat dan menyatakan waktu. Kita akan membahasnya satu-satu.

Penggunaan In

In dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan “di” atau “didalam”. Kata In digunakan untuk menunjukkan suatu temoat yang masih luas dan general atau umum dan tidak spesifik.

Menyatakan Tempat

In untuk menyatakan tempat digunakan untuk tempat yang ruang lingkupnya sangat luas dan tidak terperinci. Kamu bisa menggunakannya untuk menyatakan benua, negara, provinsi, atau area lainnya yang masih umum. Mudahnya seperti ini , In digunakan di dalam tempat yang tertutup/dikelilingi sesuatu, dalam bangunan atau tempat tertentu yang masih umum (ex: in classroom) , di kota , negara, negara bagian, digunakan saat ekspresi khusus (ex: in bed, in class)

Contohnya :

I live in Kalimantan.

I only have 220k in my wallet.

He cooks chicken in the kitchen.

Menyatakan Waktu

In digunakan dalam menyatakan waktu yang lebih umum , tidak spesifik atau dalam periode yang sangat panjang. Lebih mudahnya In di gunakan dalam bagian-bagian hari (in the morning, afternoon atau evening), tahun, musim, bulan. Contohnya :

I eat breakfast in the morning.

Flowers bloom in Spring.

I graduated in February.

Penggunaan On

Dalam bahasa Indonesia On bisa diartikan sebagai “di” dan juga “diatas”. On sifatnya masih umum namun lebih spesifik daripada In.

Menyatakan Tempat

On digunakan untuk lokasi atau alamat yang tidak terlalu umum namun juga tidak terlalu terperinci. Umum namun lebih spesifik dari pada In. Mudahnya begini, On digunakan saat menyentuh bagian atas sesuatu (ex; on the table), pada permukaan (ex; on the water), di jalan atau nama jalan (ex; main street, kenanga street), pada TV, saluran, telepon (ex; on the telephone), lantai suatu bangunan (ex: second floor).

Contohnya :

Why is the tomato on the ground ?

I live on H.Terang street

I was on the phone

My room is on the second floor

Menyatakan Waktu

On digunakan untuk menyatakan waktu yang lebih spesifik daripada In namun masih bersifat umum. Mudahnya begini, On digunakan untuk menyatakan hari, tanggal atau akhir pekan.

Contohnya :

BTS online concert will be held on 10 October

I will go on a date on Sunday

I will meet you on Saturday mornings

Penggunaan At

Penggunaan At lebih spesifik lagi dibanding In dan On. Jika diurutkan dari yang paling umum ke yang paling spesifik, At berada di urutan terakhir.

In = Umum/General

On = Umum/General namun sedikit spesifik dari In

At = Lebih spesifik/ On points

Menyatakan Tempat

At digunakan untuk menyatakan tempat yang sangat spesifik atau to the points. Misalnya kamu ingin memberikan alamat rumah kamu kepada teman kamu, jika menggunakan ‘on’ kamu akan mengatakan ‘I live on Legong Street’, namun jika kamu menggunakan ‘At’ kamu akan mengatakan ‘I live at 32 Legong street, Sukamara’. Jadinya akan lebih spesifik dan mudah ditemukan.

Mudahnya begini, At digunakan untuk menunjukkan lokasi tertentu yang spesifik, nomer jalan, dan ekspresi khusus (ex; she is at home).

Contoh :

Yuji owns an apartment at 220 Main Street

We meet him at the cinema

Maya is at her friend’s home

Menyatakan Waktu

Dalam menyatakan waktu, at digunakan untuk menunjukkan waktu yang lebih spesifik. Mudahnya begini, At digunakan untuk menunjukkan jam, menit, detik, Night (ex: at night).

Contohnya :

She gets up at 7 AM o’clock.

Yumi left the office at 05.00 PM.

I’ll see you at 8 o’clock in cinema.

She wakes up at dawn.


Apakah kalian paham dengan penggunaannya gengs ? Semoga iya (hahaha)

Selamat Belajar !!

 

Baca Juga :
Kalimantan - Indonesia
Perbedaan Hear dan Listen
Cara Menghafal Vocabulary

Follow @gmoodgstyle for style inspiration

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif