Perbedaan Strong, Powerful Dan Tough

Perbedaan Penggunaan Strong, Powerful dan Tough dalam Kalimat Bahasa Inggris

Tough

Hi gengs, how are you ? Kali ini kita akan membahas perbedaan penggunaan Strong, Powerful dan Tough. Kata kata ini memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia yaitu “kuat”, namun penggunaannya sedikit berbeda dan tidak bisa dipertukarkan.

Penggunaan Strong

Strong merupakan kata sifat yang berarti kuat. Strong tidak selalu mengarah ke kekuatan fisik, walaupun umumnya seperti itu. Arti kuat disini berarti memiliki kekuatan fisik atau pikiran yang kuat, bisa juga berarti suatu benda yang kuat dan tidak mudah hancur, bisa juga untuk menunjukkan apa yang dirasa oleh indera perasa. Kalo untuk seseorang bisa dikatakan tidak mudah terluka ataupun berubah.  Contohnya :

“This coffee has a strong smell” (Kopi ini memiliki bau yang kuat)

“She has a strong will” (Dia memiliki kemauan yang kuat)

“She raised her child alone, she’s a strong woman” (Dia membesarkan anaknya sendirian, dia wanita yang kuat)

“He is said to be one of the strongest men on the planet. He pulled a plane with bare hands” (Dia disebut sebagai salah satu manusia terkuat di dunia. Ia menarik pesawat dengan tangan kosong)

Penggunaan Powerful

Powerful juga merupakan kata sifat yang berarti kuat. Sama halnya dengan strong, powerful juga kata ‘kuat’ yang berkaitan erat dengan kekuatan fisik. Powerful juga digunakan untuk menggambarkan tubuh atau bagian bagian tubuh secara spesifik seperti tubuh, lengan, otot, tangan, dan lain-lain dan tidak menggambarkan atau menyebut seorang individu secara keseluruhan. Kata ini bisa diartikan “very strong”.

Selain untuk menunjukkan kekuatan fisik, kata powerful juga sering digunakan untuk menunjukkan suatu kekuasaan atau berkuasa. Ketika kalian berbicara tentang orang-orang yang berpengaruh , mempunyai jabatan yang tinggi kalian bisa menggunakan kata ini. Dalam hal ini kata strong tidak bisa menggantikan kata powerful. Kata ini juga bisa dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki dampak kuat.

Contoh :

“Don’t mess with her. Her father is a powerful man” (Jangan main-main dengannya, ayahnya adalah orang yang berkuasa)

“Her mother have a powerful arms” (Ibunya memiliki lengan yang kuat)

Penggunaan Tough

Kata ini lebih sering diartikan “sulit” daripada “kuat”. Bisa diartikan sebagai seseorang yang sangat kuat dalam menghadapi situasi yang sulit.

“She is a tough single parent. She raises her child by herself” (Dia seorang wanita yang kuat. Dia membesarkan anaknya seorang diri)

Kata ini juga bisa menggambarkan sesuatu yang sulit untuk di potong atau dirusak. Contohnya “the meat is tough to chew” (dagingnya sulit dikunyah). Dalam konteks ini kata strog dan tough bisa saling menggantikan namun tidak dengan powerful.

Selamat Belajar !!

Baca Juga :
Pick vs Choose vs Select
Delicious vs Yummy vs Tasty
Say and Tell ? Apa bedanya ?


Follow @gmoodgstyle for Style Ideas

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif