Perbedaan Penggunaan Pick, Choose, Dan Select

Perbedaan Penggunaan Pick, Choose, dan Select dalam Bahasa Inggris

Choose

Hi gengs, how are you ? Banyak sekali confused words dalam bahasa Inggris namun kita sering sekali tidak sadar kalau banyak kata yang sama artinya dalam bahasa Indonesia. Ini membuat para pemula sering salah dalam mengartikan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Tapi tidak apa-apa gengs, namanya juga belajar. Kalau salah itu berarti wajar dan kita bisa meningkatkan skill kita dari kesalahan tersebut. Confused word yang akan kita bahasa kali ini adalah Pick, Choose dan Select. Kata-kata ini memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia yaitu ‘memilih’. Hanya penggunaannya saja yang sedikit berbeda.

Penggunaan Pick

Pick merupakan kata yang paling sering digunakan dan terasa sangat kasual dan informal. Sadarkah kalian jika menggunakan kata ini kalian tidak berpikir terlalu dalam tentang pilihan kalian akan sesuatu ? Kata Pick sering digunakan ketika seseorang memilih sesuatu tanpa berpikir dengan hati-hati tentang pilihan itu. Jadi kata itu lebih sering digunakan ketika seseorang memilih sesuatu diantara beberapa pilihan secara acak dan spontan atau yang pertama kali menarik bagi orang tersebut.

Contoh :

  • I’ll let you pick the destination for our holiday. (Aku akan membiarkanmu memilih tujuan liburan kita)
  • Do you want fried chicken or noodle ? Pick one. (Kamu mau ayam goreng atau mie ? Pilih satu)
  • I will just pick the expensive one from the shelf. (Aku akan memilih yang paling mahal dari rak tersebut)

Penggunaan Choose

Choose digunakan saat seseorang akan memilih salah satu benda atau sesuatu dari beberapa pilihan yang ada dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatif dari benda atau sesuatu yang akan dipilihnya. Mudahnya begini, ketika kalian ingin membeli suatu benda misalnya baju atau smartphone, kalian akan mempertimbangkan baju mana yang bagus, cocok dan nyaman di pakai untuk kalian atau smartphone mana yang memiliki kualitas kamera dan bentuk yang bagus menurut kalian. Kalian akan memilih benda tersebut sesuai dengan apa yang kalian inginkan, saat itulah kalian akan menggunakan kata ‘choose’. Contohnya :

  • Can you help me choose which smartphone have the best camera, please ? (tolong bantu aku memilih smartphone mana yang memiliki kamera terbaik ?)
  • I prefer to choose a t-shirt over a dress (aku lebih suka memilih kaos daripada gaun)
  • I choose to order coffee when hang out with my friends (aku memilih memesan kopi saat nongkrong dengan teman-temanku)

Penggunaan Select

Kata select memiliki makna privileged, specially selected, memilih dalam konteks yang lebih sempit dan tingkatan ketelitian yang lebih tinggi. Kata select lebih lazim digunakan untuk menyatakan aktivitas memilih dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan choose. Kata ini lebih memiliki unsur kompetisi dan lebih jarang digunakan sebagai kata kerja. Kata Select juga bisa dipertukarkan dengan kata choose, meskipun kata ini sering digunakan untuk situasi-situasi atau konteks yang serius dan membutuhkan pemikiran dan pertimbangan yang matang.

Contoh :

  • It’s important for parents to select the right school for their children. (Penting bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat untuk anak-anak mereka)
  • I have selected three students for the scholarships. (Saya telah memilih tiga orang siswa untuk menerima beasiswa)
  • The company will select the best qualified applicants. (Perusahaan itu akan memilih pelamar dengan kualitas terbaik)

Baca Juga :
Perbedaan Hear dan Listen
Perbedaan House dan Home



Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif