Perbedaan Penggunaan Will Dan Going To

Kapan harus menggunakan Will dan Going To ?

Will dan Going to

Hi gengs, how are you ? Will dan Going to adalah kata yang digunakan saat kita akan membicarakan masa depan. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, keduanya berarti “akan”. Keduanya mengacu pada masa depan dan ada sedikit perbedaan antara keduanya meskipun dalam banyak kasus keduanya dapat digunakan secara bergantian tanpa perbedaan makna.  Dalam post kali ini akan dibahas kapan harus menggunakan Will dan kapan harus menggunakan Going to.

Penggunaan Going To

Struktur BE GOING TO biasanya digunakan untuk menunjukkan masa depan tetapi dengan beberapa jenis koneksi hingga saat ini. Kalian bisa menggunakannya dalam situasi berikut:

1. Ketika kita sudah memutuskan atau berniat untuk melakukan sesuatu di masa depan. (Rencana Sebelumnya)

Keputusan telah dibuat sebelum saat berbicara

  • “They are going to retire to the beach. In fact they have already bought a little beach house” (Mereka akan pensiun ke pantai. Sebenarnya mereka telah membeli sebuah rumah pantai kecil) 
  • “I’m going to accept the job offer” (Saya akan menerima tawaran pekerjaan itu)

2. Ketika ada tanda-tanda pasti bahwa sesuatu akan terjadi. (Bukti)

Sesuatu mungkin terjadi berdasarkan bukti atau pengalaman yang anda miliki.

  • “I think it is going to rain, I just felt a drop” (Saya pikir ini akan hujan, saya baru saja merasakan setetes air)
  • “I don’t feel well. I think I’m going to throw up” (Saya tidak enak badan. Saya pikir saya akan muntah) (throw up=vomit . Sama-sama berarti muntah)

3. Ketika sesuatu akan terjadi

  • “Get back! The bomb is going to explode” (Kembali! Bombnya akan meledak)

Penggunaan Will

Will digunakan dimana tidak ada koneksi implisit atau eksplisit hingga saat ini, gunakan WILL saat :

1. Untuk hal-hal yang diputuskan untuk dilakukan sekarang. (keputusan cepat)

Ini adalah saat kalian membuat keputusan pada saat itu, secara spontan.

  • “I will buy one for you too” (Aku akan membelikanmu juga)
  • “I think I will try one of those. (Just decided this right now)” (Aku pikir aku akan mencoba salah satunya. (baru saja memutuskan ini sekarang))

2. Saat kita memikirkan atau mempercayai sesuatu tentang masa depan . (Ramalan)

  • “My team will not win the league this season” (Timku tidak akan memenangkan liga musim in)
  • “I think it will rain later so take an umbrella with you” (Saya pikir akan hujan nanti jadi bawa payung)

Note : Kalian dapat menggunakan Will dan Going to untuk membuat prediksi di masa mendatang.

3.Untuk membuat penawaran, janji atau ancaman.

  • “I will give you a discount if you buy it right now” (Saya akan memberi kamu diskon jika kamu membelinya sekarang)
  • “I promise I will behave next time” (Aku berjaniji akan bersikap baik lain kali)
  • “I will take you to the movies if you’d like” (Aku akan membawamu ke bioskop jika kamu mau)
  • “I will tell your parents what you did” (Aku akan mengatakan ke orang tuamu apa yang telah kamu lakukan)

4. Untuk meminta seseorang melakukan sesuatu atau untuk memerintahkan seseorang melakukan sesuatu.

  • “Will you come this way, please ?” (bisakah kamu lewat sini, tolong ?)
  • “Will you be quiet!” (Bisakah kalian diam!)

5. Untuk menyatakan apa yang menurut anda mungkin benar atau pada umumnya benar.

  • “That will be the postman at the door” (Itu pasti tukang post di pintu)
  • “If it’s made of wood, then it will float” (Jika itu terbuat dari kayu, maka itu akan mengapung)

6. Untuk mendeskripsikan kebiasaan.

  • “She would sit there, hour after hour, doing nothing” (Dia akan duduk disana berjam jam tanpa melakukan apapun)

7. Menggunakan “won’t” ketika seseorang menolak untuk melakukan sesuatu.

  • “I told him to take out the trash but he won't do it.” (Saya mengatakan kepadanya untuk membuang sampah tetapi dia tidak akan melakukannya.)
  • “My kids won't listen to anything I say.” (Anak-anak saya tidak akan mendengarkan apa pun yang saya katakan.)
  • “My car won't start.” (Mobil saya tidak mau hidup.)

Prediksi Masa Depan

Will dan Going to dapat digunakan untuk membuat prediksi masa depan tanpa memiliki perbedaan arti yang nyata.

  • “The weather report says it will rain tomorrow.” (Benar)
  • “The weather report says it is going to rain tomorrow.” (Benar)

Perbandingan Will dan Going to

Jika seseorang bertanya: "Are you busy this evening?"

Jika kalian menjawab: “Yes, I'm going to the movies." Kalian menggunakan going to karena ini adalah rencana yang kalian buat sebelumnya (sebelum kalian ditanyai pertanyaan). - Dalam hal ini kita tidak bisa menggunakan Will.

Jika kalian belum membuat rencana, kalian dapat mengatakan: "I will probably watch TV." atau "I'm probably going to watch TV."

Will dan Going to bisa digunakan dalam situasi ini karena kita memprediksi apa yang akan terjadi (karena kita belum membuat rencana apapun)

Gimana guys ? Apakah bisa dimengerti ? Semangat Belajar !!

Baca Juga :
Perbedaan Work, Job dan Task
Strong vs Powerful vs Tough
Pick, Choose, Select ? Apa Bedanya ?


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif