Pengertian Seni Aliran Dekoratif

 Pengertian Seni , Aliran Dekoratif

A.    Pengertian Seni

Pengertian Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskerta dari kata sani yang diartikan pemujaan, persembahan dan pelayanan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut kesenian. Menurut Padmapusphita dimana seni berasal dari bahasa Belanda genie dalam bahasa latin disebut dengan genius yang artinya kemampuan luar biasa dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut Ilmu Eropa bahwa seni berasal dari kata art yang berarti artivisual yaitu suatu media yang melakukan kegiatan tertentu.

Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.

 

B.     Aliran Dekoratif

Dekorativisme adalah suatu karya seni rupa dekoratif yang senantiasa berhubungan dengan hasrat menyederhanakan bentuk dengan jalan mengadakan distrosi. Ciri-ciri bersifat kaku , kegarisan , ritmis , pewarnaan yang merata dan secara umum mempunyai kecenderungan menghias.Seni rupa dekoratif dapat digolongkan menjadi dua bagian besar : 

  1. Dekoratif Figuratif , Karya seni rupa Dekoratif figuratif mempunyai ciri khas menggambarkan suatu figur atau bentuk-bentuk di alam yang kita kenali. Misalnya pemandangan, hewan, kota, pasar, dan lukisan kehidupan sehari-hari. Namun pelukis tidak meniru sepenuhnya rupa secara realitas. Hanya dikerjakan dalam bentuk yang datar tanpa mempertimbangkan aspek volume dalam penggarapan bentuk yang visual. 
  2. Dekoratif Geometris , Karya seni rupa geometris yaitu karya seni rupa yang bebas dari peniruan alam, perwujudannya merupakan merupakan susunan motif , bentuk atau pola tertentu yang ditata sedemikian rupa sehingga memiliki kapasitas untuk membangkitkan perasaan keindahan dalam diri orang yang melihatnya. Dalam lukisan geometris mempunyai kecenderungan rasional dan terikat dengan pola, motif, dan bentuk dan teknik pelukisan dan menuntut ketrampilan dan kesabaran dalam kreasinya. 

 Jenis seni rupa ini dapat dibagi dua :  

  • Dekoratif Geometris , ( rasional , terikat , pengulangan motif ) 
  • Dekoratif Intuitif , ( Emosional , bebas dari pola motif )

Tokoh-tokoh :  

  • Kartono Judokusumo , Widayat , 
  • Suparto , Ratmoyo , Bagong Kusdiarjo , Batara Lubis , dll.

 

Baca Juga :
Penerapan Evaluasi di SD
Trip to Bali


 Follow @gmoodgstyle on Instagram for Style Ideas

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)