Perbedaan Maybe, Perhaps, Probably, Possibly, dan Might

Perbedaan Penggunaan Maybe, Perhaps, Probably, Possibly, dan Might

Confused

Hi gengs, How are you ?

Kalian pasti pernah mengira kalau Maybe, Perhaps, Probably, Possibly dan Might itu sama aja. Sama-sama berarti ‘Mungkin’. Diriku juga awalnya berpikir seperti itu gengs, sampai akhirnya diriku menanyakan emang penggunaannya sama ? Listen dan Hear aja beda padahal bahasa Indonesianya sama. Ternyata penggunaan Maybe, Perhaps, Probably, Possibly dan Might itu berbeda gengs. Terus gimana penggunaannya ? Jadi begini ... (hahhaa)

Penggunaan Maybe

Maybe ini paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Maybe digunakan untuk percakapan informal. Kata ini juga digunakan ketika seseorang hanya memiliki keyakinan atas perkataannya sekitar 40-60%. Maybe bisa kalian gunakan saat kalian hanya merasa setengah yakin dengan apa yang kalian katakan.

Contoh :

  • I will buy this dress, maybe
  • Maybe I should take a break

Penggunaan Perhaps

Perhaps memiliki derajat ketidakpastian yang sangat ekstrim. Hanya sekitar 10 – 30% saja. Perhaps lebih sering digunakan dalam tulisan karena sifatnya yang netral. Bisa digunakan untuk percapakan formal maupun tidak formal. Jika kalian ingin terlihat lebih sopan, kalian bisa menggunakan kata ini. Perhaps lebih sering digunakan di awal kalimat .

Contoh :

  • Perhaps we will see you at the party.
  • The problem lies on the people, or perhaps the system.

Penggunaan Probably

Probably memiliki tingkat keyakinan yang sangat tinggi yaitu sekitar 60 – 90%. Probably merupakan serapan dari “probability” yang artinya “kepastian”. Kalian bisa menggunakan kata ini untuk mengungkapkan suatu informasi yang sudah cukup kalian yakini. Namun, masih ada sedikit keraguan didalamnya sehingga kalian tidak bisa 100% memastikannya. Kata ini digunakan dalam situasi formal.

Contoh :

  • I should probably get going right now or I wouldn’t make it on time.
  • It’s probably going to rain.

Penggunaan Possibly

Possibly menunjukkan pernyataan yang belum tentu atau tidak pasti, tetapi secara teori mungkin terjadi bila mempertimbangkan kondisi yang ada. Pernyataan yang menggunakan kata possibly biasanya akan terasa lebih “tidak mungkin” terjadi karena ada banyak faktor eksternal yang mempengaruhi hal tersebut, sehingga terkesan sebatas hipotesis saja. Akan tetapi, jika ditambahi kata ‘very’ , ‘quite’ atau semacamnya di depan possibly , maka derajat kepastian possibly itu naik dengan sendirinya. Kata ini sering digunakan dalam konteks formal.

Contoh :

  • I couldn’t possibly do it with my abilities now.
  • He’ll be married to a model , quite possibly.

Penggunaan Might

Para native speaker sering bingung juga saat menggunakan kalimat ini. Meski demikian , ada kesepakatan umum bahwa ‘might’ punya derajat kepastian yang lebih rendah dari maybe. Might bisa digunakan dalam kondisi apa saja yang masih tidak pasti, tapi ada kemungkinan kamu melakukannya. Contoh :

  • I might go to school later, I don’t know.
  • They might be in a relationship just for a while. 



Baca Juga :
Cara Mudah Menawarkan Sesuatu Dalam Bahasa Inggris
Slang Dalam Bahasa Inggris

 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif