PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK
Yang dimaksud dengan Tugas Guru Mendorong dan Menerima Otonomi dan Inisiatif Siswa
Maksud dari tugas guru mendorong dan menerima otonomi dan inisiatif
siswa dalam mengembangkan materi pembelajaran, yaitu :
Menurut Brooks
dan Brooks, kemandirian dan inisiatif itu akan mendorong siswa untuk
menghubungkan gagasan dan konsep. Jadi, sebagai seorang guru yang ingin
mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis harus menerima
kebebasan siswa berpendapat dan harus mampu mendorong siswa untuk berinisiatif
bertanya tentang isu-isu sosial yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
Selain bertanya, guru juga harus mendorong siswa untuk membuat anak menjawab
sendiri pertanyaan tersebut, dan mendorong siswa untuk menganalisis
pertanyaannya sendiri (bertanya sendiri menjawab sendiri).
Contoh
:
1. Misal
ada siswa yang bertanya, “Mengapa di perkotaan terjadi banjir?”. Setelah ada
siswa yang bertanya, guru harus merangsang kreativitas siswa dengan cara memberitahu
rambu-rambu jawaban dari pertanyaan tersebut.
2. Misal
ada siswa yang ingin mewujudkan inisiatifnya namun tidak tahu caranya, guru
harus memberikan clue atau trik-trik yang baik dan mudah dimengerti oleh siswa,
juga tidak lupa memberikan motivasi dan mendorongnya untuk mewujudkan inisiatif
siswa tersebut.
Daftar Pustaka
Comments
Post a Comment