PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK

Yang dimaksud dengan Tugas Guru Mendorong dan Menerima Otonomi dan Inisiatif Siswa

Maksud dari tugas guru mendorong dan menerima otonomi dan inisiatif siswa dalam mengembangkan materi pembelajaran, yaitu :
Menurut Brooks dan Brooks, kemandirian dan inisiatif itu akan mendorong siswa untuk menghubungkan gagasan dan konsep. Jadi, sebagai seorang guru yang ingin mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis harus menerima kebebasan siswa berpendapat dan harus mampu mendorong siswa untuk berinisiatif bertanya tentang isu-isu sosial yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Selain bertanya, guru juga harus mendorong siswa untuk membuat anak menjawab sendiri pertanyaan tersebut, dan mendorong siswa untuk menganalisis pertanyaannya sendiri (bertanya sendiri menjawab sendiri).

Contoh :
1.      Misal ada siswa yang bertanya, “Mengapa di perkotaan terjadi banjir?”. Setelah ada siswa yang bertanya, guru harus merangsang kreativitas siswa dengan cara memberitahu rambu-rambu jawaban dari pertanyaan tersebut.
2.      Misal ada siswa yang ingin mewujudkan inisiatifnya namun tidak tahu caranya, guru harus memberikan clue atau trik-trik yang baik dan mudah dimengerti oleh siswa, juga tidak lupa memberikan motivasi dan mendorongnya untuk mewujudkan inisiatif siswa tersebut.


Daftar Pustaka

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penggunaan Delicious, Yummy, Dan Tasty Dalam Kalimat Bahasa Inggris

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) DAN TEACHER CENTERED LEARNING (TCL)

Pengertian Seni Aliran Dekoratif